Selasa, 02 Februari 2016

Apa Itu Legu Gam





Legu Gam adalah festival sekaligus pesta masyarakat di Maluku Utara. Acara ini untuk merayakan ulang tahun Sultan Ternate dimana masyarakat dari seluruh pulau akan berkumpul di Kedaton atau Istana Sultan Ternate. Pelaksanaan Festival Legu Gam tahun ini akan difokuskan dalam upaya melestarikan kebudayaan maupun adat istiadat di Maluku Utara.
Festival Legu Gam dimeriahkan dengan beragam kegiatan berupa karnaval budaya, pameran, dan seminar nasional. Akan ada juga expo untuk mempromosikan potensi pariwisata dan investasi daerah. Festival ini dapat mengenalkan kepada investor tentang potensi perikanan, industri pengolahan hasil perkebunan, dan usaha jasa perdagangan dan transportasi. Pengusaha kerajinan setempat tentunya akan ikut ambil bagian untuk mempromosikan produknya kepada pengunjung.
Dalam Festival Legu Gam akan dilakukan ritual Gam Macahaya. Ini merupakan sebuah parade yang dilakukan oleh masyarakat yang membawa obor menggunakan kapal tradisional untuk mengelilingi pulau.

                                                             Ritual Gam Macahaya

Selain itu, ada juga ritual mendaki ke puncak Gunung Gamalama. Tak ketinggalan, akan ada pameran, bazar, pertunjukan budaya dan tradisional, serta atraksi menarik lainnya.
Semua orang dari seluruh pulau maupun dari luar pulau akan berkumpul di Kedaton atau Istana Sultan Ternate dan berpartisipasi dalam banyak pertunjukan seni dan budaya tradisional.
Legu Gam merupakan pesta rakyat untuk merayakan ulang tahun Sultan Ternate, Mudaffar Sjah. Inti acara Legu Gam adalah pergelaran Tari Legu di hadapan Sultan. 
Tari Legu merupakan jenis tarian kerajaan. Tarian ini dipentaskan setelah Sultan selesai melakukan tiga acara penting, yaitu Doru Gam, Kololi Kie, dan Fere Kie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar